Tips Mengobati Pendaki Yang Terserang Hipotermia

Posted on
Tips Mengobati Pendaki Yang Terserang Hipotermia
Hipotermia

Tips Mengobati Pendaki Yang Terserang Hipotermia – Setelah selesai dengan pembahasan sebelumnya, sekarang kami akan memberikan pembahasan yang tidak kalah penting yakni mengenai tips mengobati pendaki yang terserang hipotermia. Informasi tips mengobati pendaki yang terserang hipotermia dibawah ini kami kutip dari phinemo.com dan semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi mari kita langsung saja simak informasi tips mengobati pendaki yang terserang hipotermia di bawah ini. Silahkan.

Tips Mengobati Pendaki Yang Terserang Hipotermia

Tips Mengobati Pendaki Yang Terserang Hipotermia Pada Korban Yang Sadarkan Diri

  1. Bawa masuk ke dalam tenda. Tujuannya untuk menjaga dari angin yang berhembus, tenda juga adalah tempat yang cukup hangat ketika berada di alam bebas.
  2. Ganti baju basah dengan pakaian kering. Bantulah korban dengan mengganti baju. itulah mengapa dalam pendakian rombongan, minimal Anda yang perempuan wajib memiliki teman perempuan yang ikut dalam rombongan.
  3. Berilah minuman hangat. Minuman yang membantu tubuh lebih hangat, seperti miuman jahe
  4. Beri makanan berkalori tinggi. Untuk kondisi darurat, pastikan Anda membawa makanan ringan manis yang cepat mengenyangkan, seperti coklat atau makanan yang berkalori tinggi lainnya.
  5. Hangatkan badan korban. Cara ini bisa dilakukan dengan mengenakan beragam penghangat tubuh, seperti penutup kepala, jaket, kaos kaki, celana hangat dan sleeping bag.
  6. Jika memungkinkan, buatlah api diluar tenda, dan arahkan panas apinya ke dalam tenda.
  7. Penggunaan bivak darurat dari bahan aluminium poil sangat efektif, karena bisa dijadikan bivak atau selimut darurat. Harganya juga tidak mahal serta ukuran yang kecil bisa Anda jadikan sebagai benda yang wajib Anda bawa ketika naik gunung.

Tips Mengobati Pendaki Yang Terserang Hipotermia Pada Korban Yang Tidak Sadarkan Diri

  1. Bawa ke dalam tenda. Tujuannya untuk menjaga dari angin yang berhembus, tenda juga adalah tempat yang cukup hangat ketika berada di alam bebas.
  2. Ganti baju basah secara perlahan. Penggantian baju dilakukan dengan perlahan, pastikan tidak terburu-buru.
  3. Masukan ke dalam sleeping bag. Untuk menjaga panas tubuh yang tersisa tidak mudah lepas begitu saja.
  4. Berbagi panas tubuh. Bisa dilakukan dengan cara memegang tangan atau memeluknya. Panas tubuh akan mudah berpindah ketika menempel ke tubuh lainya (kulit ketemu kulit). Pastikan Anda mengetahui etikanya ketika melakukan hal ini.
  5. Sadarkan korban. Cara menyadarkannya bisa dengan menepuk-nepuk pipi atau dengan memanggil namanya. Ketika korban sudah sadar, Anda bisa melakukan langkah penanganan korban hipotermia ketika sadar.

PENUTUP – Ya seperti itulah mungkin yang dapat kami sajikan untuk anda mengenai tips mengobati pendaki yang terserang hipotermia untuk anda. Terimakasih atas kunjungan anda dan semoga informasi tips mengobati pendaki yang terserang hipotermia diatas dapat bermanfaat bagi anda dan yang lainnya. Akhir kata, sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.