Tips Mendaki Gunung Saat Hujan

Posted on

Tips Mendaki Gunung Saat Hujan – Apa kira-kira yang ada di benak anda saat hujan turun padahal anda sudah siap untuk mendaki gunung saat itu ? Apakah akan dibatalkan begitu saja karena hujan ? Semua persiapan matang yang menguras waktu itu di batalkan begitu saja apakah seperti itu ? Tenang, disini kami akan membantu anda agar anda tetap dapat melanjutkan pendakian anda meskipun hujan menerpa.

Sekarang kami akan memberikan anda sedikit tips mendaki gunung saat terjadi hujan. Anyway informasi mengenai tips mendaki gunung saat terjadi hujan ini kami kumpulkan dari berbagai macam situs terpercaya yang menyejikan informasi tips mendaki gunung saat terjadi hujan secara lengkap. Nah seperti apa tips nya mari kita sama-sama simak dibawah ini.

Tips Mendaki Gunung Saat terjadi Hujan

Tips Mendaki Gunung Saat Hujan
Tips Mendaki Gunung Saat Hujan

1. Pakaian Ganti Kering

Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan ini merupakan tips sederhana namun sangat bermanfaat saat semua pakaian yang kita kenakan basah kuyup karna hujan. Bayangkan jika anda tidak memiliki pakaian kering dan terpaksa menggunakan pakaian basah ? Cuaca yang dingin, lalu anda lewati dengan baju yang basah, apakah hal tersebut tak akan langsung berinteraksi dengan tubuh dan menurunkan suhu badan anda ?  belum lagi angin yang biasanya jadi pelengkap cuaca di musim hujan. Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan ini harus di perhatikan.

2. Balut Dengan Plastik

Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan yang kedua ini juga tak kalah penting yakni balut semua perlengkapan yang anda bawa dengan plastik. Jika Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan ini diabaikan, Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan yang pertama tidak akan efektif. Balut semuanya, pakaian, perlengkapan, alat elektronik, hingga ransel sekalipun.

3. Gunakan Sepatu Bukan Sandal

Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan yang ketiga ini cukup penting yakni penggunaan sepatu bukan sandal. Sepatu gunung yang baik dapat melindngi kaki penggunanya dari air yang masuk, dan suhu dingin yang menyertainya. Sedangkan sandal, kami pikir kami tak perlu menjelaskannya lagi. Namun memilih sepatu gunung ini juga tak bisa sembarangan. Medan berlumpur dan licin dapat merugikan anda jika anda memilih sepatu yang tidak memiliki sol bawah khusus untuk trek ini. Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan selanjutnya ada di bawah ini.

4. Gunakan Ponco

Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan selanjutnya adalah mengenai pakaian waterproof. Kami sarankan gunakan Ponco daripada jas hujan, walaupun sama-sama waterproof, ponco menyisakan ruang antara badan dengan lapisan ponco sehingga tubuh bisa tetap hangat.  Sementara jas hujan menempel di badan dan berpotensi menyerap panas tubuh.  Lagipula menurut banyak pengalaman, jas hujan jika diterpa badai berjam-jam, biasanya tembus juga ke baju bagian dalam.  Jadi, lebih aman menggunakan ponco daripada jas hujan. Itulah tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan yang keempat.

5. Gunakan Tongkat

Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan selanjutnya adalah penggunaan tongkat. Tanah yang licin sewaktu pendakian bisa diatasi dengan tongkat pendakian (atau kayu terdekat di samping anda).  Intinya, ini adalah alat bantu untuk menjaga keseimbangan ketika melewati jalur-jalur yang licin ketika terkena hujan.

6. Fleksibel

Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan ini menyangkut soal perencanaan. Biasanya dari awal pendakian, kita sudah punya bayangan akan buka tenda di pos/shelter mana.  Tapi dalam kondisi musim hujan, selalu fleksible dalam rencana perjalanan. Jika cuaca makin parah, kabut mulai turun, badan mulai basah, sangat disarankan untuk langsung saja buka tenda sambil menunggu cuaca membaik tidak perlu menunggu sampai di pos terdekat.  Saran yang lebih praktis mungkin adalah selalu membawa flysheet atau ponco berukuran besar sehingga bisa digunakan sebagai bivak secara cepat. Itulah tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan yang ke enam.

7. Penyerap Air

Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan selanjutnya adalah penyerap air. Untuk mempermudah proses pengeringan sepatu yang basah, bagian dalam tenda, atau apapun yang perlu dikeringkan, sangat disarankan untuk membawa bahan-bahan penyerap air seperti spoon,kanebo, atau koran.  Jadi kalau misalnya tenda kita bocor karena tidak punya flysheet dan dibeli di minimarket terdekat, kita bisa dengan mudah mengembalikan kenyamanan dan kekeringan barang-barang kita dengan bahan2 penyerap air tersebut.

8. Obat-obatan

Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan yang tidak kalah penting ini adalah tentang obat-obatan. Suhu dingin seringkali mempengaruhi kondisi kesehatan badan menjadi drop, maka dari itu obat-obatan sangatlah dibutuhkan saat pendakian terutama saat musim hujan atau saat hujan turun. Obat-obatan disini bukan cuma obat dalam saja, namun obat luar pun wajib. Karena medan saat musim hujan yang licin dapat kapan saja menjatuhkan tubuh kita dan meninggalkan bekas memar atau luka, maka obat luar pun dibutuhkan. Itulah tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan yang ke 8.

9. Jauhkan Sugesti Negatif

Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan yang ke 9 ini berkenaan dengan sugesti. Semua hal di sekitar anda dipengaruhi oleh sugesti anda sendiri. Di dunia ini ada yang dinamakan Law Of Attraction atau (hukum tarik menarik). Jadi, tanpa anda sadari, fikiran anda sendiri lah yang menarik dan menjauhkan hal-hal positif maupun negatif dari di sekitar anda. Jadi sangatlah penting untuk terus berfikir bahwa semuanya akan baik-baik saja. Inilah Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan yang ke 9.

10. Jangan Paksa Diri

Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan selanjutnya adalah jangan memaksakan. Badai, tanah longsor, pohon tumbang, potensi sambaran petir, hanya beberapa dari potensi bahaya mendaki ketika hujan lebat.  Kalau merasa tidak yakin akan keamanan perjalanan, lebih baik tidak usah memaksakan diri.  Usahakan selalu bertanya kepada penduduk sekitar terkait keamanan perjalanan nanti.  Setiap gunung biasanya memiliki karakteristik masing-masing, begitu pula dalam segi keamanan jalur pendakian yang dilewati.  Misal, di Gunung Gede, mungkin perlu hujan badai parah baru kita mulai mempertimbangkan pembatalan perjalanan, tapi di Gunung Guntur yang jalurnya terbuka, sekali sambaran petir mungkin sudah cukup untuk kita mempertimbangkan pindah gunung saja. Seperti itulah kira-kira.

PENUTUP – Nah seperti itulah kira-kira pembahasan mengenai Tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga informasi tips mendaki gunung saat terjadi hujan / musim hujan diatas dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih atas kunjungan anda dan sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya mengenai Info Gunung Semeru