Info Gunung Anjasmoro untuk Pendaki (2.277 mdpl)

Posted on

Info Gunung Anjasmoro untuk Pendaki (Jawa Timur – 2.277 mdpl) – Kali ini kami akan membahas tentang salah satu Gunung yang masuk kedalam kategori gunung yang ramah untuk di daki oleh pendaki pemula dan cukup menarik untuk dikunjungi, serta menurut sumber yang kami dapat kabarnya, Gunung ini masih sepi pengunjung, atau bisa disebut masih virgin. Ingin tahu lebih ? Baiklah  mari simak selengkapnya tentang potensi apa saja yang dimiliki oleh Gunung Anjasmoro di bawah ini.

Keterangan Gunung Anjasmoro

Gunung Anjasmoro merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia tepatnya di Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336, Indonesia. Ketinggian gunung ini mencapai 2.277 mdpl. Letak geografis gunung anjasmoro berada di 7.7536° S, 112.5078° E. Gunung Anjasmoro juga terletak satu kluster dengan Gunung Argowayang dan terletak berdekatan dengan Gunung Arjuno-Welirang. Gunung Anjasmoro mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Info Gunung Anjasmoro untuk Pendaki
Gunung Anjasmoro

Jalur Pendakian di Gunung Anjasmoro

Jalur pendakian Gunung ini dapat melalui desa Carangwulung Kec Wonosalam Kabupaten Jombang, Pendakian Gunung anjasmoro bukan gunung yang komersial layaknya Gunung-Gunung lain di jawa timur seperti Semeru, Arjuno  dan Welirang. Jalur pendakian masih sepi, dalam satu bulan mungkin didaki kurang dari 100 orang. Perjalanan mendaki secara normal membutuhkan waktu 5 sampai 6 jam perjalanan  sementara untuk turun membutuhkan waktu 3 jam

Pos Pendakian Via Carangwulung

Desa Carangwulung

Jalur Carangwulung Jombang tidak memiliki pos perizinan resmi tapi perizinan tetap dapat dilakukan di Markas P.A Jombang yang terletak dekat musholla di desa tersebut. Trek dari pos ini berkarakter berbatu/macadam, melewati rumah warga, kemudian kebun-kebun sampai punggung bukit, disini ada sumber air dari pipa, mengikuti jalur sampai Pos Kancil dengan perjalanan sekitar 1 jam, treknya relative aman

Pos Kancil

Pos Kancil berada di punggung bukit batas antara perkebunan dan hutan dari sini pendaki mulai disuguhkan tanjakan-tanjakan treknya tanah liat yang licin. Di sekitar jalur banyak jaring jaring warga mencari burung setelah itu tanjakan lagi tetapi lebih ngetrek  abis pertanda anda akan mencapai Tanjakan Mbok mbok, rata-rata dengan waktu 1 jam pendakian.

Tanjakan Mbok Mbok

Tidak ada yang menandai bahwa adanya pos tetapi disini terdapat tanjakan kira-kira dengan kemiringan 70º  yang membuat anda teringat ibu anda sendiri sampai anda mengeluh “Mbok..Mbok” atau berarti “Ibu..Ibu” karena tanjakan yang membuat badan mati rasa. Dan untuk ke pos bambu memakan waktu sekitar 1 jam.

Hutan Bambu

Setelah menembus rintangan tadi, tanda kalau sudah dekat dengan pos ini sekitar jalur banyak pohon bambu dan ketika ada tanah yang sedikit luas yang bisa didirikan 4 tenda doom atau lebih itulah posnya. Ada 2 percabangan yang kanan menuju puncak yang kiri menuju sumber air terakhir yang akan anda temui, tetapi untuk menuju sumber air lumayan jauh sekitar 15 menit

Puncak 1

Untuk menuju puncak 1 biasanya ditempuh sekitar 1 setengah jam dari pos bamboo. Dengan karakter trek pinggir jurang masih dengan trek tanah liat yang tertutup daun. Disini pendaki bisa mendirikan 5 atau lebih tenda doom biasanya pendaki lebih memilih camping disini dari pada di puncak cemoro sewu karena disini tempatnya teduh dan pemandangan nya sangat  indah.

Puncak Cemoro Sewu

Untuk menuju Puncak tertinggi cemoro sewu biasanya pendaki meninggalkan peralatan dan tenda di puncak 1 karena mempertimbangkan jarak yang tidak begitu jauh yakni hanya 1 km.

Area Parkir di Gunung Anjasmoro

Biasanya para pendaki menitipkan kendaraan di mushola yang sampingnya ada rumah anggota komunitas P.A Jombang atau di pemukiman warga disekitar kaki gunung yang terkenal sangat ramah.

PENUTUP

Nah itulah sedikit gambaran tentang Gunung Anjasmoro yang dapat kami deskripsikan untuk anda para pecinta alam. Namun selalu ingat bahwa kemanapun kita pergi apalagi ke tempat yang belum banyak terjamah manusia seperti pegunungan  ini, kami mohon  jagalah  tingkah  laku anda, ucapan yang anda ucapkan, dan kebersihan tempat yang anda kunjungi tersebut. Kebersihan adalah kunci dari keindahan, Jika ia tidak bersih maka kecil kemungkinan ia terlihat indah. Terimakasih, Salam Lestari

Sumber :
http://batcaveminis.blogspot.co.id/2016/03/jalur-pendakian-gunung-anjasmoro.html
http://hariharikakiku.blogspot.co.id/2015/12/si-perawan-gunung-anjasmoro-gunungini.html

Pencarian:

gunung anjasmoro, jalur pendakian gunung anjasmoro, puncak anjasmara jombang